Support

Recent Posts

Khasiat Daun Kenikir dalam Mencegah Penuaan Dini

Khasiat Wah Daun Kenikir


Kenikir (cosmos caudatus) merupakan tanaman liar yang bisa dimanfaatkan untuk sayuran seperti halnya bayam dan kangkung. Tanaman ini banyak tersebar di Amerika Tengah yang bersuhu panas. Iklim panas yang tak begitu lembab, tanah berpasir nan subur, tanah terbuka dengan sinar matahari penuh adalah lingkungan yang tepat untuk tempat tumbuh tanaman ini.

Di Indonesia, budidaya tanaman kenikir banyak dilakukan di Jawa, Tanaman ini dibudidayakan mulai dari dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Bahkan tidak jarang pula, tanaman kenikir dijadikan tanaman hias yang kerap ditemukan di perkarangan rumah.

Tanaman yang oleh masyarakat Malaysia disebut ulam raja atau salad raja ini biasa dinikmati daunnya yang masih muda dan pucuknya. Penyajiannya beragam, mulai dijadikan sayuran, dimakan mentah-mentah hingga di rebus dan dibuat lalapan. Sementara masyarakat Indonesia, khususnya Jawa, kerap memanfaatkan kenikir sebagai bahan membuat pecel atau urap.

Selain itu, kenikir biasa digunakan sebagai perangsang nafsu makan dan penyedap rasa. Bahkan menurut sebuah penelitian, kenikir dapat mengusir serangga dan mencegah tumbuhnya alang-alang. Kenikir memiliki segudang manfaat dan khasiat. Karena itu tak mengherankan jika banyak warga menanam tanaman yang satu ini.

Manfaat lain dari tanaman ini adalah mampu memperbaiki sirkulasi darah, mencegah penuaan dini, menurunkan suhu tubuh, dan memperkuat tulang karena mengandung kalsium tinggi. Selain itu, kenikir juga mampu menghilangkan bau mulut yang kurang sedap. Menurut seorang peneliti dari  perguruan tinggi di Malaysia, kenikir terbukti berhasil membunuh berbagai jenis kuman dan jamur penyebab penyakit. Beberapa dari kuman tersebut adalah penyebab penyakit saluran pencernaan.

Salah satu daya tarik dari kenikir adalah tingginya kandungan antioksidan. Situs yusarcahyadi.com, menyebut sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kenikir memiliki daya antioksidan ekivalen dengan daya antioksidan 2400mg vitamin V per 100gram bahan segar. Tingginya kandungan antioksidan ini dipengaruhi oleh setidaknya 20 senyawa yang mayoritas berasal dari golongan proantosianidin.

Senyawa proantosianidin (PA) berfungsi sebagai antioksidan. Diantara manfaat dari senyawa yang terkandung dalam kenikir adalah sebagai pencegah kanker, pelindung pembuluh darah, pembunuh virus, pelindung tubuh dari racun hingga meremajakan kulit. Juga mengatasi lemah jantung, membersihkan darah dari racun, menguatkan tulang, dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Daun kenikir dengan kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid, dan antioksidan mampu melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, dan kanker hati. Karena itu penderita penyakit kanker disarankan mengonsumsi rebusan daun kenikir sesering mungkin.  

0 Response to " Khasiat Daun Kenikir dalam Mencegah Penuaan Dini "

Post a Comment