Support

Recent Posts

Kopi dan Manfaatnya

Kopi dan Manfaatnya


Minum kopi 2-3 gelas sehari baik untuk kesehatan. Tapi apabila diminum secara berlebihan, ada efek samping dan mudharat bagi kesehatan seseorang.
Kopi mendadak menjadi top trending di Indonesia. Bagaimana tidak, dua kejadian besar yaitu terdapatnya kandungan sianida dalam secangkir kopi yang merenggut nyawa seseorang( akhir 2015) dan teror bom yang terjadi di ‘kedai’ kopi asal amerika serikat ( awal 2016).

Bagi sebagian besar masyarakat dunia, minum kopi adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus teman ngobrol paling nikmat di tengah kesunyian. Bagi orang Aceh, kebiasaan mengobrol dan aktivitas minum kopi diimbangi dengan fasilitas warung kopi yang berada disetiap sudut kota. Bahkan bagi para intovet dan ekstrovet, kopi juga memiliki manfaat yang tidak bisa diremehkan.
“ Setelah meneguk satu hingga dua cangkir kopi, seorang ekstrovet melakukan tugas-tugasnya secara efisien. Beda halnya dengan introvet, efek kafein justru tidak terlalu berpengaruh pada merekaa, “kata Brian Little

Sebagaimana dilansir detik healt. Little menambahkan, efek kopi akan muncul pada saat si pemilik introvet melakukan tugas yang sifatnya kuantitatif, seperti menghitung anggaran ataupun analisis data. Aktivitas minum kopi, selain baik secara psikologis, baik juga untuk kesehatan. Salah satu kandungan utama yang dimiliki kopi adalah zat kafein.Kafein dikategorikan sebagai zat yang ada dalam obat-obatan selama tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Berlebihan dalam mengonsumsi kopi akan menyebabkan ketergantungan. Bahkan ada efek negatif bagi kesehatan yang muncul apabila mengkonsumsi kopi secara berlebihan tetap dilaksanakan. Dalam kopi juga ada Ethyphenol. Zat inilah yang menyebabkan kopi memiliki aroma khas. Ada pula, Quinic acid, semakin asam kandungan kopi yang anda minum. Selain keduanya, ada pula dicaffeoylquinic acid yang berfungsi sebagai zat anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Selain kandungan senyawa diatas, ada pula kandungan lainnya seperti acetylemethylcarbinor yang berfungsi memberikan rasa gurih di lidah. Zat ini umumnya ditemukan pada mentega. Putrescine yang merupakan hasil pembusukan dari bakteri E.coli. Serta kandungan Trigonelline pada kopi membuat gigi menjadi lebih kuat dan tidak gampang berlubang. Meski demikian, efek minum kopi dapat membuat si peminum memiliki gigi yang terlihat lebih kuning dan hitam.

Selain memiliki zat yang bermanfaat bagi tubuh, kopi juga memilki zat yang tidak bermanfaat yang bernama Niacin. Zat ini memiliki kemampuan menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh. Oleh karenanya,  minum kopi setelah makan tidak dianjurkan.        

0 Response to " Kopi dan Manfaatnya "

Post a Comment