Home · Menu 1 · Menu 2 · Menu 3 ·

SENTUHAN NIKMAT YANG MENYENANGKAN

SENTUHAN NIKMAT YANG MENYEHATKAN 



Ditangan orang-orang yang tepat, sentuhan jemari mempunyai energy penyembuh yang dahsyat. Anda yang gemar pijat pasti sangat mengenal istilah-istilah seperti reflexiologi,akupresur, atau shiatsu. Teknik-teknik tersebut memang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, dan termasuk teknik penyembuhan tradisional kuno yang ampuh pada zaman dahulu. 

Seorang peneliti Jerman suatu kali pernah menemukan lukisan dinding yang berasal dari zaman Mesir kuno, yang menggambarkan aktivitas saling memijat telapak kaki dan tangan. Sementara di Jepang, tekhnik memijat shiatsu sendiri sudah ada sejak 3.500 tahun yang lalu. Bahkan pada 1964, menteri kesehatan Jepang mengakui shiatsu sebagai salah satu tekhnik penyembuhan tradisional yang harus tetap dijalankan diera modern. 

Begitu juga teknik akupresur yang berasal dari Cina, dan sudah digunakan oleh masyarakat di Asia sejak 5000 tahun yang lalu. Dalam ilmu penyembuhan holistic, meskipun sederhana, ternyata penyembuhan melalui sentuhan tangan, seperti pijat, mampu menghasilkan banyak manfaat. Mudahnya, saat Anda merasa sedih sentuhan tangan seseorang sahabat atau orang yang Anda cintai bisa menenangkan. 
Begitu pula dengan memijat. Secara umum, teori penyembuhan dengan tekhnik pemijatan sebenarnya adalah untuk membuka titik-titik energy yang tersumbat sehingga energy dan aliran darah di tubuh kembali lancar. Selama proses terapi, biasanya ruangan pemijatan akan mengalunkan music-music lembut atau menebarkan harum aroma therapy yang bertujuan untuk membuat Anda nyaman. 

Bahkan, saking nyamannya , beberapa orang bisa sampai tertidur selama dipijat. Dan ketika bangun, pegal-pegal dan kaku-kaku ditubuh Anda pun menghilang. Ayoo kita kenali satu per satu teknik-teknik pemijatan yang bisa dengan mudah kita temukan di masyarakat :

1.REFLEXIOLOGI : Bagi yang belum terbiasa dengan pijat refleksi ini, pasti akan merasakan sakit yang luar biasa, ketika beberapa titik di ujung-ujung jari dan telapak kaki Anda ditekan keras-keras. 

Beberapa terapis menggunakan alat khusus untuk menekan, tetapi lebih banyak yang mengandalkan kekuatan jari-jari tangan mereka sendiri. Pijat reflexiologi menggunakan teknik menekan titik-titik tertentu pada jari-jari serta telapak kaki dan tangan Anda. 

Menurut teori reflexiologi, pada kedua sisi tubuh- kiri dan kanan, terdapat titik-titik yang responsive terhadap ransangan dan berhubungan dengan seluruh organ tubuh. Telapak dan jari-jari kaki sebelah kanan berhubungan dengan organ tubuh sebelah kanan, dan bagian tubuh sebelah kiri berhubungan dengan titik-titik pada telapak kaki sebelah kiri. 

Dalam ilmu reflexiologi dipercaya bahwa pada dasarnya penyakit atau keluhan kita diakibatkan adanya sumbatan aliran darah dan energy ditubuh. Bagi seorang terapis reflexiologi yang berpengalaman, membaca titik-titik rangsangan di telapak kaki bagaikan membaca peta. “ Saat ada pasien yang datang dengan keluhan, saya sudah tahu titik mana yang harus saya tekan untuk meringankan keluhannya tersebut,”kata Randy, terapis reflexiologi didaerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Jika terapi ini dilakukan secara rutin, banyak sekali manfaat yang Anda rasakan. Yang pasti, tubuh Anda akan lebih santai dan relaks. Beberapa orang juga merasakan kesembuhan dari sinusitis,alergi,sakit kepala,asma , sakit punggung, batu ginjal,otot tegang akibat stress, gangguan prostat dan artritis. Lakukan dua kali dalam sebulan untuk merasakan manfaat yang maksimal. 

AKUPREASUR Teknik ini bekerja pada titi-titik yang sama dengan titik akupuntur. Yaitu, titik-titik tubuh tempat jarum ditusukkan. Bedannya, terapis Akupresur tidak lagi menusukkan jarum, tetapi melakukan penekanan dengan jari. Dalam ilmu akupuntur, setiap titik terkait dengan organ tubuh tertentu dan antar titik terhubung membentuk meridian yang berjumlah ratusan. 

Terapis biasanya akan memberikan penekanan ringan pada titik tersebut selama satu hingga tiga menit. Penekanan tersebut akan melepaskan sumbatan pada titik meridian sehingga aliran energy dan peredaran darah kembali lancar. Akupresur juga mampu merangsang dan mengaktifkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit, serta mengembalikan keharmonisan tubuh, emosi, pikiran dan jiwa. 

SHIATSU Shiatsu berasal dari kata shi (jari) dan atsu tekanan. Shiatsu bisa diartikan “ memberikan penekanan pada tubuh” meskipun dalam praktiknya, teknik ini tidak melulu menggunakan jari tangan, tetapi juga siku, telapak tangan, lutut, hingga telapak kaki. Penekanan dilakukan pada titik – titik tubuh yang disebut tsubo, sama dengan titik akupuntur. 

Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang menegaskan bahwa shiatsu bisa menyembuhkan penyakit, namun di Negara asalnya, Jepang, Shiatsu lebih banyak digunakan untuk pencegahan penyakit dibandingkan terapi pengobatan dan penyembuhan. Terapis biasanya akan melakukan penekanan ringan hingga keras-tergantung permintaan pasien- ditiap tsubos selama beberapa detik, kemudian berpindah ke tsubo lainnya. Proses berlangsung selama antara 75-90 menit. Teknik ini berguna untuk mengatasi keluhanseperti, sakit punggung, ketegangan otot, migraine, diare.

0 Response to " SENTUHAN NIKMAT YANG MENYENANGKAN "

Post a Comment