Support

Recent Posts

Tidur Siang Penunjang Produktivitas

Tidur Siang Penunjang Produktivitas




Masyarakat pada umunya berpendapat tidur siang menjelang waktu dzuhur mengganggu produktivitas seseorang. Tapi sebuah penelitian menyebutkan, tidur sebentar di siang hari dapat mengembalikan tenaga dan menjaga kesehatan, meningkatkan kewaspadaan, kemampuan memori, dan kemampuan motorik.

Rasulullah Saw menganjurkan kepada umatnya untuk melaksanakan (tidur sebentar disiaang hari) dan menyegerakan tidur setelah shalat Isya. Sebaliknya, Rasulullah Saw melarang tidur setelah Ashar atau menjelang Maghrib. Ada banyak hikmah dibalik perintah dan larangan itu.
Qailulah atau tidur diantara waktu dhuha dan dzuhur memang bukan kegiatan lumrah masyarakat indonesia, bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, waktu tersebut adalah waktu dimana seseorang mencapai puncak produktivitasnya.



Namun Rasulullah Saw dalam haditsnya menyebutkan, qailulah sama sekali tidak menganggu produktivitas seseorang. Bahkan menambah semangat dan tentunya menyebabkan tubuh makin segar dalam melaksanakan kegiatan rutin harian. Sebagaimana dilansir bersamadakwah.net, sebuah penelitian yang dilakukan di City University of Newyork pada tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang terbiasa tidur 10-20 menit disiang hari memilki daya ingat yang tajam dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya.

Meski demikian jika tidur siang terlalu lama justru akan menimbulkan masalah. Secara rinci, Indonesia men’s health merilis hasil penelitian tersebut. Pertama, tidur siang 10 menit dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kebugaran otak untuk setidaknya 2,5 jam. Namun manfaat ini tidak ditemukan jika tidurnya hanya 5 menit. Kedua, tidur siang selama 20 menit dapat meningkatkan reaksi dan performa terhadap tugas yang berhubungan dengan angka.


Ketiga, tidur siang 30 menit dapat membuat seseorang mengantuk selama 5 menit pertama setelah bangun kemudian segar selama 90 menit berikutnya. Keempat, tidur siang selama 45-90 menit tidak memberikan manfaat, bahkan justru membuat tubuh lebih lelah dari sebelumnya. Sedangkan tidur siang lebih dari 90 menit justru akan mendatangkan masalah.

  Meski wktunya terbilang singkat, namun kualitas tidur qailulah sama dengan tidur malam selama 2jam, dengan begitu, selain tidak mengantuk di siang hari juga dapat membantu Anda untuk bangun dan melaksanakan shalat Tahajud.

2 Responses to " Tidur Siang Penunjang Produktivitas "

  1. Wah hidup tidur siang masbro. Memang lebih baik tidur siang walau cuman 10 menit buat meningkatkan produktivitas..

    ReplyDelete