Home · Menu 1 · Menu 2 · Menu 3 ·

8 MAKANAN INI BISA MEMBANTU MENAJAMKAN PIKIRAN PART II




5. BLUEBERRY

Selain lezat, blueberry juga kaya akan manfaat. Penelitian yang dilakukan di Tufts University, Amerika menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak blueberry berguna memperbaiki gangguan memory jangka pendek (short term memory loss). Bila dikonsumsi secara teratur, blueberry diyakini mampu menguatkan daya ingat.

Buah mungil yang rasanya manis ini mengandung sejumlah senyawa polifenol, terutama pigmen antosianin, yang menyebabkan warnanya menjadi ungu kehitaman. Antosianin bersama asam klorogenik dan reserveratrol yang terkandung pula didalam blueberry memiliki efek antioksidan sehingga mampu melindungi sel-sel saraf dan otak dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. 

Penelitian lain menyatakan bahwa antosianin juga mampu membantu meningkatkan penyampaian rangsangan di otak serta memperbaiki fungsi memory yang mulai melemah.

6. COKELAT

Menurut riset Northumbria University, Inggris (2009), konsumsi cokelat bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengerjakan tugas yang berhubungan dengan hitung-hitungan. Para Responden yang berpartisipasi dalam riset tersebut bisa menghitung mundur lebih baik setelah mengkonsumsi lima batang cokelat atau secangkir cokelat panas yang mengandung 500 mg flavanol. 

Flavanol adalah senyawa kimia bersifat antioksidan yang terdapat didalam cokelat. Hal ini bisa terjadi, menurut  peneliti, karena flavanol ampuh meningkatkan aliran darah ke otak.
Berapa dosis cokelat yang tepat untuk dikonsumsi? Bedasarkan penelitian, manfaat terbaik diperoleh ketika anda mengonsumsi kira-kira 6,7 gram cokelat/ hari atau setara dengan sebungkus kecil cokelat dua atau tiga kali sepekan. Sebaiknya pilih jenis dark chocolate.

7.  AVOCAD/ ALPUKAT

Avokad memang buah “berat” yang teksturnya creammy dan banyak mengandung lemak. Tapi jangan salah lemak yang terkandung didalamnya adalah lemak baik yang justru bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lemak tak jenuh didalam avocad mampu membantu melancarkan peredaran darah sehingga sel-sel otak mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk membantu proses berpikir.

Memang sih, makan avocado tidak akan membantu meningkatkan nilai IQ seseorang. Tetapi, menikmati buah yang rasanya lezat ini bisa membantu mengoptimalkan kerja sel-sel kelabu dalam kepala Anda. Menurut Steven Pratt, penulis buku Super Foods Rx : Fourteen Foods Proven to 
Challenge Your Life, potassium dalam avocado bisa membantu menstabilkan tekanan darah. 

Selain menurunkan risiko serangan stroke, tekanan darah yang stabil juga membantu melancarkan kemampuan berpikir. Avokad juga merupakan sumber asam folat yang berperan memlihara kesehatan sel-sel saraf dan otak.

8. TEH HIJAU

Menurut penelitian Dr. Ed Okello, pengajar di school of Agriculture, Food and Rural Development at Newcastle University, bahan kimia yang dihasilkan oleh senyawa polifenol dalam teh hijau ini amat efektif melawan pemicu perkembangan penyakit Alzheimer. Kerjanya justru lebih efektif ketika sudah dicerna oleh enzim didalam usus dibandingkan saat sebelum dicerna.


Asam amino utama di dalam teh Hijau yang bernama teanin (L-theanine) juga efektif merangsang aktivitas listrik  otak untuk menghasilkan gelombang alfa pada otak. Mekanisme ini mendatangkan perasaan relaks dan kewaspadaan mental seperti pada saat meditasi, dalam waktu 30-40 menit setelah mengonsumsi teh hijau. 

Selain itu, tiap 100 miligram teanin yang diperoleh dari 4cangkir teh hijau sudah cukup ampuh untuk membuat Anda memfokuskan fikiran pada tugas-tugas rumit didepan mata.    

0 Response to " 8 MAKANAN INI BISA MEMBANTU MENAJAMKAN PIKIRAN PART II "

Post a Comment