Home · Menu 1 · Menu 2 · Menu 3 ·

Tanaman Hias Patah Tulang Yang Berkhasiat



Banyak ditemui di halam-halaman rumah sebagai tanaman hias, tapi siapa sangka penyakit seperti  kanker pun bisa diatasi.

Diberbagai daerah di Indonesia, nama tanaman patah tulang masih tetap dikenal . Tapi ada juga yang menyebutnya kayu urip , kayu susur. Jika dilihat dari jauh, tanaman patah tulang (Euphorbia tirucalli L) sepintas tidak terlihat memiliki daun. Padahal tanaman ini memiliki daun kecil berukuran 7-25 mm yang sepintas kasat mata. Tangkainya berwarna hijau , batangnya agak ab-abu dank eras. Akarnya kuat mencengkram tanah. Anda bisa mengangkat sebuah pot –tempat tumbuh patah tulang –hanya dengan mengangkat batangnya saja.

Tanaman yang hidup diiklim tropis ini memiliki beberapa senyawa seperti, euphol,taraksasterin, tirukalol, alfa-laktucerol dan sapogenin (senyawa berbahaya seperti yang terdapat dalam racun kodok). Dengan adanya senyawa-senyawa itu, tanaman patah tulang bersifat asam, pahit, serta terdapat kandungan karet sehingga membahayakan apabila seseorang mengonsumsinya ( jika dijadikan ramuan obat).

Memang tanaman patah tulang hanya digunakan untuk obat oles saja. Salah satu bagian berbahaya dari tanaman tak berduri ini adalah getahnya. Getahnya adalah lendir  yang mengandung kautschuk ( zat karet) dan zat pahit. Biasanya , getahnya digunakan untuk meracuni ikan .

KHASIAT  TANAMAN PATAH TULANG

Meski berbahaya untuk diminum , tanaman patah tulang adalah obat oles yang ampuh dan ajaib. Dengan mengoleskan getah tanaman patah tulang akibat duri atau pecahan kaca , duri dan pecahan kaca akan keluar dengan sendirinya.

Tanaman patah tulang dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti nyeri lambung, rematik, nyeri saraf, sifilis , penyakit kulit dan penyakit kusta. Selain itu juga untuk mengobati wasir, patah tulang, sakit gigi, tahi lalat, gatal, kutil, tertusuk benda tajam (kaca), kapalan, keseleo.

Untuk mengatasi sakit gigi , pengobatan melalui tetes dan sebisa mungkin menghindari tetesan getah pada gigi yang masih sehat. Sedangkan untuk mengobati penyakit kanker yang menonjol keluar, cara penggunaannya dengan menusuk batang tanaman patah tulang dengan jarum , ambil satu tetes getahnya dan cairkan dengan satu sendok teh air matang . kompreskan getahnya ke bagian tubuh yang meradang dan luka lakukan dua kali sehari.

Getah patah tulang diyakini bisa menghilangkan gangguan di kulit seperti kutil, atau tahi lalat. Caranya, saat mengoleskan getah sebaiknya berhati-hati agar tidak terkena bagian yang tubuh yang lain. Diamkan beberapa saat sampai getah mongering. Setelah itu cuci dengan air bersih.


Disarankan juga untuk menggunakan patah tulang cabang yang cukup tua . Sebab, cabang yang sudah tua menghasilkan getah lebih banyak daripada yang muda.   

0 Response to " Tanaman Hias Patah Tulang Yang Berkhasiat "

Post a Comment