Support

Recent Posts

ASI UNTUK BAYI KENAPA HARUS DUA TAHUN ? INI JAWABANNYA

ASI UNTUK BAYI KENAPA HARUS 2 TAHUN ? INI JAWABANYA 

Pada sebuah seminar, seorang dokter spesialis anak dengan semangat dan agak emosi berkata, "Susu sapu ya untuk anak sapi, susu manusia ya untuk manusia. Tak pantas anak manusia koq disusui sapi. Tentu kita semua pasti terkejut dengan pernyataan diatas. Bukankah suatu kewajaran apabila seorang bayi memperoleh susu dari ibu kandungnya hanya pada hari- hari pertama melahirkan, dan sesudah itu susu yang diberikan adalah susu sapi. 

Bahkan tidak sedikit bayi yang sejak dilahirkan tak pernah sama sekali menikmati air susu ibu kandung yang melahirkannya, karena sengaja ibu kandungnya atau kesibukan sebagai wanita karir. Ucapan dokter diatas bukannya ucapan yang hanya berdasar emosi belaka, atau omong kosong yang tanpa dasar. Ucapan diatas memang berdasarkan atas hasil-hasil penelitian yang telah dilakukannya dan referensi- referensi yang berkaitan dengan betapa pentingnya manfaat ibu kandung menyusui anaknya. 

Al-Qur'an jauh-jauh hari telah meletakkan dasar sebagai pedoman kepada umat manusia sehubungan dengan masalah ini. Dalam Al-Qu'an surat Luqman ayat 14 Allah berfirman, "Dan kami perintahkan kepada manusia ( berbuat baik) kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah dan bertambah lemah dan menyapihnya selama dua tahun". Kenapa bayi harus disusui ibu kandungnya selama dua tahun? Ternyata rahasia ayat ini baru terungkap dengan gamblang beberapa tahun terakhir ini. 

Setelah sains dan teknologi berkembang dengan begitu pesatnya, termasuk didalamnya teknologi dibidang kedokteran dan ilmu-ilmu kesehatan, banyak penemuan-penemuan dari hasil penelitian yang sungguh-sungguh mencengangkan sebagai bukti kemukjizatan Al-Qur'an surat Luqman 14 diatas. Berbagai manfaat dan hikmah terungkap dengan jelas bagi ibu kandung yang mau menyusui adalah sebagai berikut :

 PERTAMA : Dengan disusuinya bayi sampai berumur dua tahun, bayi akan tumbuh dengan sehat dan normal. Sebab ternyata Air Susu Ibu (ASI) mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh makanan-makanan dalam bentuk lain untuk keperluan pertumbuhan bayi. -Asi mengandung semua zat yang diperlukan bayi, sehingga dengan pemberian asi yang cukup lama akan menghindarkan bayi dari pertumbuhan yang tidak normal. - Asi mengandung berbagai zat kekebalan terhadap penyakit. Jika bayi sejak lahir tidak pernah mendapatkan Asi dari ibu kandungnya, maka kemungkinan bayi terserang penyakit penyakit bertambah besar, sebab dalam tubuhnya kosong dari zat-zat kekebalan. -Asi adalah bahan makanan yang paling bersih jika dibandingkan dengan bahan makanan lain. Asi jarang sekali terkontaminasi oleh bakteri ataupun virus penyebab penyakit, karena ASI diberikan langsung melalui puting susu sang ibu ke mulut bayi tanpa perantara. 

KEDUA : Dengan menyusui bayinya sampai dua tahun, berarti seorang ibu secara tidak langsung telah melaksanakan Keluarga Berencana (KB). Sebab menyusui akan mempengaruhi jarak kehamilan seseorang ibu. Jika waktu menyusui makin lama, maka jarak kehamilan pun semakin lama. 

KETIGA : Menyusui akan mendatangkan kepuasan bagi ibu, sebab ibu mampu memberikan yang terbaik buat bayinya. Ini merupakan naluri seorang ibu dimana merasa puas dan bahagia kalau mampu memberikan yang terbaik kepada buah hatinya. 

 KEEMPAT : Menyusui merupakan tindakan yang efektif dan efisien baik ditinjau dari segi ekonomi maupun tenaga. - Dari segi ekonomi, ASI tidak perlu dibeli, yang berarti ibu-ibu tidak perlu bersusah payah menyisihkan uang belanja untuk membeli susu kaleng yang harganya relatif mahal untuk ukuran keluarga dengan ekonomi pas-pasan.

0 Response to " ASI UNTUK BAYI KENAPA HARUS DUA TAHUN ? INI JAWABANNYA "

Post a Comment