Support

Recent Posts

Peluang Stem Cell Obati Parkinson

Peluang Stem Cell Obati Parkinson


Penelitian yang dilakukan oleh Ilmuwan asal Universitas Rutgers dan Standford Amerika Serikat menemukan teknologi baru yang dapat mengobati penyakit parkinson dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan otak.Menurut Prabhas V Moghe, profesor dari Departemen Rekayasa Biologi dan Kimia serta Teknih Biokimia Universitas Rutgers, teknologi baru tersebut mengubah sel jaringan dewasa ke neuron seseorang dengan menggunakan alat yang diberi nama 3-D Scaffold. Alat 3-D Scaffold selain sehat juga mengandung neuron yang bermanfaat untuk pembaruan sel. 

Uji coba yang dilakukan melibatkan seekor tikus yang ke dalam otaknya disuntikkan 3-D Scaffold. Dalam uji coba tersebut ditemukan bahwa 3-D Scaffold memberikan reaksi positif terhadap sel-sel yang telah terkonfigurasi ke otak.“ jika anda mentransplantasi sel dengan cara meniru sel-sel ini berkonfigurasi ke dalam otak, maka anda selangkah lebih dekat untuk mendapatkan fakta bahwa otak dapat berkomunikasi dengan sel-sel baru yang anda tanam,” kata Moghe.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan oleh Nature Communication tersebut mmbuktikan, neuron adalah sel-sel syaraf yang sangat penting bagi kesehatan manusia dan tentunya fungsi otak. Hal ini bisa dilihat dari terdapatnya 100 miliar neuron di dalam otak.Kami mengambil sejumlah besar pulau-pulau sel dan menyuntikkannya ke dalam otak tikus. Neuron yang di transplantasikan ternyata berjalan dengan baik. Bahkan, hidup tikus jauh lebih baik ketika berada di habitatnya ( setelah disuntikkan 3-D Scaffold tersebut),”kata Moghe sebagaimana dilansir sainctechdaily.com.


Hasil penelitian ini setidaknya memberikan harapan bagi penderita parkinson, alzheimer, sumsum tulang belakang, cedera otak, traumatis hingga geger otak, untuk sembuh. Penyakit-penyakit diatas muncul karena hilangnya berbagai sel-sel otak. Penyakit parkinson misalnya, terjadi karena hilangnya sel-sel otak yang memproduksi dopamine yang berfungsi sebagai neuro transmitter utama. Karena hilangnya dopamine, penderita parkinson biasanya merasakan gemetar dibagian tangan, lengan kaki, rahang dan wajah ; kaku pada tungkai dan batang; hingga gangguan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Dalam pelaksanaannya, peneliti menemukan bahwa dengan biomaterial 3-D Scaffold, para ilmuwan dapat menambahkan neuron untuk ditanam di otak. Semakin banyak neuron yang dapat kita transplantasi, manfaat sel yang lebih banyak bisa dihasilkan. Kami ingin mencoba banyak hal dengan memanfaatkan neuron yang bisa kita usahakan” papar Moghe.

Dia menambahkan, penelitian ini telah memakan waktu lama. Penemuan 3-D Scaffold tidak lepas dari kerja tim yang sangat tekun, rajin dan memegang komitmen. Butuh waktu bertahun-tahun untuk sampai hasil ini. Jadi ada banyak keringat dan kerja keras (dalam penemuan ini),”terangnya.

Stem Cell sendiri merupakan suatu usaha untuk memperbaiki sel dengan menggunakan sel punca atau sel induk. Dengan Stem Cell, perbaikan sel dilakukan dengan memperbaiki ( repair), mengganti (replace) sel yang rusak, mengembalikan (restore) dan pemicu (regenerate) sel yang hilang. Sumber sel dewasa diperoleh dari sumsum tulang, jaringan lemak darah tepi, jaringan kulit dan tali pusar atau Umbilicial cord. Stem Cell yang berasal dari sel dewasa memiliki dua sifat. Pertama, bisa mengembak biakan diri (proliferasi) dan memisahkan diri menjadi tiga lapisan. Kedua, bersifat menolak atas segala macam imunitas sehingga berpotensi menjadi kanker sebesar 10 persen.  
 
 

    

0 Response to " Peluang Stem Cell Obati Parkinson "

Post a Comment