Support

Recent Posts

8 MAKANAN INI BISA MEMBANTU MENAJAMKAN PIKIRAN

8 MAKANAN YANG  MENAJAMKAN PIKIRAN!



Mulai kesulitan menghitung soal penjumlahan perkalihan yang dulu bisa diselesaikan dalam hitungan detik? Atau, jadi sering lupa detail peristiwa yang baru saja terjadi ? Menurut dr. Samuel Oetoro, MS,Sp,GK  dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, kemunduran fungsi otak seperti itu sebenarnya hal  yang lumrah terjadi seiring pertambahan usia atau perubahan gaya hidup. Tapi, tak perlu khawatir, karena kabar baiknya adalah kita bisa memperlambat prosesnya dengan terapi makanan!

1.       IKAN SALMON/



Penelitian di Goteborg University, Swedia, menemukan orang yang mengonsumsi ikan secara teratur akan mengalami perkembangan otak yang lebih baik. Terutama jenis ikan berminyak, seperti salmon, makarel, dan tuna, karena paling banyak mengandung asam lemak omega 3.

Menurut dr. Maria Aberg, salah seorang peneliti, selain berperan penting dalam proses pertumbuhan otak  pada anak-anak, omega 3 juga berperan memelihara fungsi otak pada orang dewasa. Bukan hanya itu, asupan lemak sehat ini juga penting untuk meningkatkan kelenturan otak. “Kelenturan otak terkait erat dengan kemampuan otak mengorganisasi hubungan antar sel didalamnya. Juga memengaruhi tingkat intelegensi serta tingkah laku emosional dan social pada diri seseorang, “kata dr. Aberg.

Asupan omega 3 juga penting bagi para manula. Omega 3 juga kaya akan kandungan DHA, Asam lemak yang penting bagi perkembangan otak dan kesehatan system saraf tubuh. Kekurangan DHA sering kali dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan Alzheimer, serta penurunan fungsi kognitif (kemampuan intelektual dalam berpikir, mengetahui, dan memecahkan masalah) otak yang menjurus pada pikun.

Ikan Salmon juga mengandung yodium yang berperan membantu proses pembentukan sel-sel saraf serta memelihara kesehatan mental. Dan ternyata, konsumsi yodium yang cukup bisa membantu menstabilkan suasana hati agar tak sering galau!
2.   
        BROKOLI/


Sayuran yang paling tidak disukai mantan presiden AS, George Bush, ini justru salah satu jenis makanan yang paling banyak gunanya bagi otak. Penelitian Ching Hua University, Beijing, menyatakan  kandungan magnesium yang tinggi dalam brokoli dapat membantu meningkatkan daya ingat. Bukan hanya itu, peneliti dari King College London, juga mnemukan adanya senyawa glukosinulat yang bisa membantu menghambat proses penurunan kemampuan mengingat.

Brokoli disebut juga dapat mencegah sekaligus menjadi terapi yang efektif bagi penderita Alzheimer. Pada penderita Alzheimer, aktivitas salah satu jenis zat kimia penghantar rangsangan saraf yang bernama asetilkolin terhambat oleh adanya enzim asetilkolinesterase. Penghambatan kerja asetilkolin oleh enzim ini bisa menimbulkan kerusakan sel-sel otak, hilangnya ingatan, serta menurunnya kemampuan berpikir seseorang.

Penelitian yang dilakukan Royal Pharmaceutical Society di Inggris membuktikan bahwa diantara jenis sayuran lainnya brokoli memiliki sifat anti- asetilkolinesterase yang paling kuat. Kemampuan brokoli menghambat kerusakan saraf otak yang diakibatkan oleh enzim asetilkolinesterase ini bahkan amat mirip dengan khasiat obat-obatan yang diberikan kepada penderita Alzheimer. Dengan catatan, brokoli tidak dimasak terlalu lama, sehingga  zat-zat gizi didalamnya masih utuh.
Next……


0 Response to " 8 MAKANAN INI BISA MEMBANTU MENAJAMKAN PIKIRAN "

Post a Comment