Support

Recent Posts

8 MAKANAN INI BISA MEMBANTU MENAJAMKAN PIKIRAN PART 2

8MAKANAN INI BISA MEMBANTU MENAJAMKAN PIKIRAN PART 2

3. BIJI KUACI/

Ngemil segenggam kuaci sembari menonton televisi memang asik sebagai obat penawar lelah sepulang dari kantor/ kerja. Ternyata, mengudap cemilan yang berasal dari biji bunga matahari atau biji labu ini juga bisa meningkatkan kemampuan mengingat serta mempercepat proses mengelola informasi. Tapi, Anda harus memilih kuaci yang berkadar garam rendah.

Menurut Dr. James E. Duke, penulis buku Anti-ageing Prescription, biji bunga matahari dan jenis biji-bijian lain mengandung triptofan –asam amino-nonesensial—yang dilepaskan setelah asupan karbohidrat, yang berperan melepaskan hormon serotonin ke dalam darah. Hormone serotonin ini mendatangkan perasaan relaks sehingga membantu mengatasi kondisi strees dan depresi yang menghambat kerja otak.

Selain itu, kuaci biji bunga matahari juga banyak mengandung vitamin B kompleks dan B6. Melalui berbagai penelitian, kedua jenis vitamin ini terbukti mampu meningktkan kapasitas memori serta kemampuan berpikir seseorang. Vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolism protein khususnya serotonin.
Kandungan  Vitamin E didalam kuaci juga terbilang paling tinggi diantara rata-rata jenis makanan lainnya. Sebanyak 100gram biji bunga matahari mengandung 30% dari jumlah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam sehari. Vitamin E yang bersifat antioksidan ini berperan penting membantu melancarkan peredaran darah menuju otak.

4. KACANG KEDELAI


Kacang kedelai adalah salah satu jenis bahan pangan yang paling banyak dikonsumsi di negeri kita. Berbagai bahan produk olahan , seperti tempe, dan tahu, kecap. Meski sederhana, mendapatkan tempat istimewa dihati banyak orang. Bahkan, kacang kedelai jepang (edamame) yang biasa disajikan sebagai kudapan di restoran-restoran Jepang, kini makin popular.

Bukan Hanya lezat, konsumsi kacang kedelai juga banyak gunanya bagi otak. Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kedelai kaya kandungan vitamin E. sebuah studi yang diterbitkan American Journal of Epidemiology menyatakan, asupan vitamin E yang cukup bisa membantu mencegah penurunan fungsi memori dan meningkatkan kesehatan mental seseorang.

Kedelai juga mengandung senyawa lesitin yang bersifat lipotropik, yaitu mendorong pengangkutan asam lemak dari hati ke jaringan-jaringan tubuh serta meningkatkan pembakaran lemak di hati. Dengan begitu, lesitin mampu mengikis timbunan lemak (plak) pada dinding pembuluh darah dan memaksimalkan distribusi oksigen kedalam otak.

Gabungan antara lesitin dan kolin ( bahan penyusun lesitin ) juga dibutuhkan untuk memproduksi senyawa kimia otak yang dikenal dengan nama astilkolin. Senyawa ini amat berperan vital untuk meningkatkan fungsi daya ingat dan melindungi otak melawan penyakit degenerative, seperti dementia, (pikun) serta Alzheimer.    

0 Response to " 8 MAKANAN INI BISA MEMBANTU MENAJAMKAN PIKIRAN PART 2 "

Post a Comment