Support

Recent Posts

PERLUNYA ANAK TIDUR SIANG

PERLUNYA ANAK TIDUR SIANG


Bagi kebanyakan anak-anak, tidur siang ternyata banyak manfaatnya. Apakah anak-anak Anda sudah terbiasa tidur siang ? Tidur siang ternyata berdampak bagus untuk anak-anak. Menurut psikologi Myrna Retnani SPsi selain gizi dan banyaknya stimulus/ rangsangan, ternyata kecerdasan anak, khususnya bayi, juga dipengaruhi dari tidurnya.

Saat tidur, susunan saraf anak sedang giat-giatnya belajar. Pada tahun pertama kelahirannya, otak anak sedang dipacu perkembangannya dan akan berhenti di usia 18 tahun., “ujarnya. Menurut konselor di Pusat Pelayanan Psikologi al-Hikmah(P3H) Surabaya, itu sewaktu tidur otak bayi akan memasukkan dan merekam data. Penyimpanan apa-apa yang telah dilihat dan didengar bayi berlangsung sewaktu tidur REMS ( Rapid Eye Movement Sleep) yang berfungsi psikologis yaitu untuk perkembangan kognitif dan emosi.

Sedangkan non-REMS berguna untuk fisik yaitu untuk perbaikan metabolisme tubuh. “tambah Myrna. Selain itu, tidur bisa mengoksidasi atau menghancurkan radikal bebas yang beracun menjadi tak beracun. Kelebihan radikal bebas bisa menimbulkan kanker. Dan ini biasanya terjadi pada orang dewasa karena tidur mereka makin berkurang sehingga radikal bebasnya makin banyak. Tapi, banyak anak yang tak mau tidur siang. Mereka berontak ketika sang ibu memintanya tidur siang.

Untuk mengatasi masalah ini, menurut Myrna , Orang tua bersama anak sebaiknya sepakat tentang jadwal keseharian mereka. Termasuk bermain dan tidur siang. Bila jadwal telah disepakati, sebaiknya orang tua juga mengondisikan anak untuk merasa nyaman pada waktu tidur siang. Banyak orang tua yang berpikir kalau anaknya tidur siang maka malamnya akan susah tidur.

Tapi kalau tidak tidur siang anak jadi malas belajar. Dalam hal iniorang tua tetap harus konsisten dengan jadwal tidur siang anak. Karena jika pola tidur siang diganti dengan tidur malam yang panjang akan membawa dampak yang kurang baik untuk perkembangan anak. “Anak jadi tidak belajar mengelola waktunya secara konsisten, sambung Fabiola P Harlimsyah MPsi.

Menurut Psikolog dan dari sanatarium Dharmawangsa. Pola tidur Sehat Usia Jumlah Jam Tidur Sehari Semalam Frekuensi Baru Lahir 16-18 6-7 kali tidur siang 3 Bulan 15 3 kali tidur siang 6 Bulan 15 2 kali tidur siang 12 Bulan 14 1-2 kali tidur siang, masing- masing sekitar 2-3 jam 18 Bulan 13-14 1-2 kali tidur siang, masing- masing 2-3 jam 2 Tahun 13,5 satu kali tidur siang sekitar 2,5 jam 3 Tahun 12- satu kali tidur siang sekitar 1 jam 4-6 Tahun 12 dengan satu kali tidur siang selama 1 jam, atau tidak sama sekali

0 Response to " PERLUNYA ANAK TIDUR SIANG "

Post a Comment