Support

Recent Posts

PERTOLONGAN PERTAMA PADA KERACUNAN

Pertolongan Pertama Untuk Keracunan



1. CARILAH BOTOL OBAT ITU Mengenal racun itu merupakan langkah pertama untuk memilih obat penawar yang tepat.

2. MEMANGGIL DOKTER Panggillah dokter yang terdekat, dan beritahukan kepadanya seluk-beluk terjadinya bahaya sejelas-jelasnya

3. KERUMAH SAKIT Bawalah sikorban selekas-lekasnya ke rumah sakit. Bawalah racun itu didalam botol aslinya, supaya dokter mudah mengetahui obat penawar apa yang harus digunakan.

4. OBAT PENAWAR RACUN YANG UNIVERSAL Netralkanlah racun itu jika Anda tahu racun apa itu. Jika tidak tahu berikan obat penawar racun ini .- Arang kayu, 2 bagian (roti yang dibakar sampai hangat boleh juga sebagai gantinya). –Garam Inggris 1bagian, -Asam Tannin, -1 bagian (teh keras). Berikan 1 sendok teh penuh didalam satu gelas air.

5. SURUH SI KORBAN MUNTAH Baringkanlah anak itu pada lutut Anda dengan kepala dibawah, dan letakkanlah jari Anda dibelakang kerongkongannya supaya ia muntah. Untuk seorang anak yang lebih besar atau orang dewasa berilah susu atau putih telur. Pakailah air kalau tidak ada apa-apa yang dapat diperoleh. Yaitu dengan menambahkan satu sendok teh garam pada air, ini akan menambah kecenderungan untuk muntah.

 PERAWATAN SI SAKIT 

 a. Jagalah agar kaki tetap hangat dan terangkat untuk mencegah shock.

 b. Peliharalah peredaan dengan memakai susu, teh keras kopi, atau air hangat yang biasa.

 c. Bersikaplah tenang jangan gugup. Dan dengan tenang pula, buatlah segala yang dapat anda lakukan untuk menolong si korban. Sementara itu panggilah dokter, atau bawalah si sakit ke rumah sakit.

0 Response to " PERTOLONGAN PERTAMA PADA KERACUNAN "

Post a Comment