Support

Recent Posts

MENTIMUN SI KAYA MANFAAAT , DAPAT MENCEGAH STROKE

Mentimun si kaya Manfaat, dapat mencegah Stroke



Mentimun merupakan makanan murah, mudah didapat dan memiliki banyak manfaat. Maka jangan pernah menolak diberikan mentimun dari tukang rujak, tukang nasi goreng, pempek.

Pak bagaimana caranya mengurangi kadar kolesterol ? Tanya seorang pasien kepada dokter. Sang dokter menjawab,” makan mentimun saja, itu bisa mengurangi kolesterol.
Mentimun yang memiliki nama latin Cucumis Sativus, biasanya disajikan secara langsung atau diolah sebagai bahan makanan. Meski demikian orang Indonesia lebih senang menyantap mentimun sebagai menu lalapan. Kalaupun tidak dimakan secara langsung, paling tidak mentimun disajikan sebagai pelengkap dan penambah selera makanan.

Mentimun yang murah itu ternyata kaya manfaat. Dalam situs whfoods.com mentimun tercatat memiliki sejumlah kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Yang terbesar adalah vitamin K. setiap 104 gram mentimun terdapat 19% kandungan vitamin K dan molybdenum sebesar 12%.

Manfaat Dari Mentimun

Selain keduanya, masih banyak kandungan senyawa lain yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya, lariciresinol,pinoresinol, dan secoisolariciresinol yang bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) serta beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, Rahim, hingga kanker prostat.
Gambar orang sakit kanker.

Penyajian mentimun dan melahapnya secara segar memiliki manfaat anti oksidan dan anti-inflamasi atau peradangan bagi tubuh. Dalam prosesnya, mentimun menghambat aktivitas enzim pro-inflamasi, meningkatkan status anti-oksidan serta membatasi pelepasan radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin C,beta-karoten sebagai anti-oksidan konvensional menambah kuat argument bahwa mentimun adalah salah satu sayuran anti-kanker.
Gambar orang sakit stroke

Secara praktis, manfaat mentimun sebagaimana dilansir nationalgeographic.co.id yaitu membantu kesehatan jantung. Kandungan potassium yang terdapat dalam mentimun juga berpengaruh pada pengurangan resiko terkena stroke.

Kandungan tannin dalam mentimun juga membatasi pelepasan radikal bebas didalam tubuh dan mengurangi rasa sakit. Sebagai ramuan tradisional, mentimun digunakan juga sebagai obat sakit kepala, sedangkan bijinya mempunyai efek mendinginkan dan diuretic. Mentimun dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat.
Gambar orang sakit kepala dan jerawat

Masih adakah yang menolak diberi mentimun dari tukang nasi goreng, rujak? 

0 Response to " MENTIMUN SI KAYA MANFAAAT , DAPAT MENCEGAH STROKE "

Post a Comment