Support

Recent Posts

MENGENAL KHASIAT DAUN BAWANG

MENGENAL KHASIAT DAUN BAWANG


 Daun Bawang mampu mencegah penyakit jantung, mengatasi cacingan, hingga menangkal dampak negatif radikal bebas. Tapi konsumsi daun bawang berlebihan dapat menyebabkan pendarahan dan bau mulut tak sedap”.

Bagi penikmat makanan baso, mie ayam, martabak, tentu tidak asing lagi dengan daun bawang. Diiris kecil-kecil dan bentuknya melingkar menambah rasa sedap menu makanan yang ada dihadapan kita. Tetapi banyak juga orang yang tidak suka dengan daun bawang karena menimbulkan bau yang tidak enak.

MACAM-MACAM  DAUN BAWANG.

Setidaknya terdapat dua macam daun bawang yang beredar di masyarakat: 1. Daun bawang Bakung, 2. Daun bawang prei. Kedua macam daun bawang tersebut secara fisik memiliki perbedaan. Jika daun bawang bakung, memiliki umbi kecil, berdaun bulat, panjang serta memiliki lubang seperti pipa. Maka daun bawang prei, berdaun panjang, pipih, memiliki pelepah daun yang panjang dan tidak memiliki umbi kecil.

MANFAAT DAUN BAWANG BAGI KESEHATAN

Aroma daun bawang yang khas baik untuk kesehatan Jantung dan meningkatkan kekeblan tubuh. Selain itu, daun bawang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, mengatasi anemia, antibakteri dan kaya antioksidan. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal dampak negatif radikal bebas penyebab kanker.

Daun bawang merupakan sumber vitamin A,K, dan E, Karoten, Xanthin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan kalori yang rendah  serta kandungan serat dapat membantu pencernaan tubuh. Kandungan vitamin K pada daun bawang menyehatkan tulang dalam jangka panjang. Sedangkan  dengan vitamin K, regulasi sel tulang dapat terlaksana sehingga dapat mencegah demineralisasi tulang. Selain itu, produksi protein tulang (osteo calcin) terjaga sehingga dapat menjaga kepadatan tulang.

Jika daun bawang dipotong dan dimemarkan , maka akan menghasilkan zat allicin. Zat allicin adalah zat yang dapat menurunkan  kadar kolesterol dalam darah. Selain itu juga sebagai antibakteri, antivirus, anti jamur dan dapat menstabilkan tekanan darah. Dengan kandungan zat allicin, daun bawang dapat memperkuat system imunitas tubuh.

Bagi penderita Jantung, mengonsumsi  daun bawang sangat dianjurkan. Daun bawang di tenggarai mengandung senyawa cycloaliin yang melindungi jantung dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini berfungsi untuk mengencerkan darah dan mengurangi resiko terkena penyakit aterosklerosis  atau penyempitan dan pengerasan pembuluh darah.

Untuk kesehatan kepala dan juga rambut, daun bawang juga memiliki efek positif. Konsumsi daun bawang secara rutin dapat merangsang pertumbuhan rambut dan efektif dalam mengurangi atau menghilangkan rasa gatal dikulit kepala.

Daun bawang juga sangat cocok bagi penderita diabetes karena mampu menurunkan tingkat gula darah. Selain itu, daun bawang juga dapat digunakan sebagai penjaga stamina tubuh. Dengan mengonsumsi daun bawang, gejala-gejala flu bisa diatasi serta sirkulasi darah dapat berjalan lancer sehingga tubuh terlihat lebih segar. 

0 Response to " MENGENAL KHASIAT DAUN BAWANG "

Post a Comment