Support

Recent Posts

BERWISATA KE KOTA TAKENGON

Takengon


Sensasi Negeri di Atas Awan

Tak percaya ? cobalah berkunjung ke kota Takengon. Kota berjuluk “ Negeri di Atas Awan” ini akan membawa Anda serasa berada di Nepal. Apalagi ketika pagi hari. Selain deretan rumah-rumah yang berbaris rapi menghadap kea rah sungai yang bermuara di danau Lut Tawar, kita juga akan menemui kabut-kabut tebal yang membuat kita seolah berada diatas awan. Benar-benar perpaduan yang sempurna.

Takengon berasal dari kata takuengon yang berarti baru saja kutengok. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, ketika berada diatas bukit. Kita akan melihat dengan jelas kota mungil ini. Nah. Saat menoleh kebelakang, konon dulu banyak yang mengatakan “takuengon”, akhirnya, muncullah nama Takengon untuk menyebut kota yang cantik ini.

Perjalanan menuju Takengon umumnya lewat jalur darat. Wisatawan bias mencapainya lewat kota Banda Aceh maupun Medan. Saya memulai perjalanan menuju negeri suku Gayo ini dari Banda Aceh, dengan menggunakan minibus dari sebuah travel. Mini bus memang kendaraan yang lumrah dipakai orang untuk mengunjungi Takengon yang terletak di Aceh Tengah.

Secara geografis wilayah Aceh Tengah memang berbukit-bukit, kawasan inilah yang kemudian dikenal dengan daratan tinggi Gayo.

Pesona Danau Lut Tawar



Berkunjung ke Takengon kurang lengkap rasanya jika tak menyusuri keindahan danau Lut Tawar. Danau seluas 5.472 hektare ini menyimpan berbagai spesies ikan. Saat berkunjung ke sana Anda akan menegenali  aneka ikan yang hidup di danau yang terletak disisi timur Takengon ini. Mulai dari ikan kawan, mas, depik, hingga betok. Sepintas, keempat jenis ikan ini memiliki ukuran yang sama: sama-sama kecil. Namun, tentu tiap ikan memiliki  keistimewaan tersendiri.

Untuk memasuki danau yang juga dikenal dengan nama Danau Laut Tawar ini, para wisatawan tidak dipungut biaya. Jika anda ingin menyusuri danau, ada beberapa kapal motor yang siap mengantarkan Anda mengelilingi danau yang diapit dua gunung ini.

Banyak spot menarik yang disuguhkan Takengon, bagi para pecinta fotografi, kota yang memiliki wisata Gayo Highland ini merupakan salah satu surganya. Maka siapkan tenagan untuk mengeksplore keindahan Takengon.

Gayo Highland Hingga kopi Gayo


Kota yang terletak di Dataran Tinggi Gayo ini memang sarat akan wisata alam. Gayo Highland salah satunya. Objek wisata yang juga dikenal dengan nama Bur Gayo ini merupakan puncak bukit yang menyuguhkan pemandangan kota  Takengon dan Danau Lut Tawar secara menyeluruh.

Selama perjalanan, kita akan menemui pohon-pohon pinus yang berdiri tegak berjajar. Deretan pohon pinus diatas bukit mungil ini membuat anda serasa berada di Luar Negeri. Spot yang satu ini termasuk yang paling banyak diburu wisatawan.

Selepas mengunjungi Gayo Highland, ada tanaman kopi yang terkenal yaitu kopi Gayo, terletak di Gampong Bujang, kecamatan Lut Tawar, kabupaten Aceh Tengah. Tentang proses pembuatan kopi gayo, para petani setempat , mengatakan tidak mencampurkan bahan apapun untuk pembuatan kopi bubuk. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas rasa.  


Kenikmatan kopi Gayo memang sudah terkenal seantero Indonesia, bahkan Dunia. Sensasi rasa kopi gayo begitu nikmat. Kopinya begitu pekat dan kental serta aromanya begitu menggoda. Sekali teguk membuat andaa ketagihan menegak minuman kopi ini.

0 Response to " BERWISATA KE KOTA TAKENGON "

Post a Comment